Beragam Oleh-oleh Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat

Beragam Oleh-oleh Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat

Lombok menjadi salah satu daerah dengan destinasi wisata unggulan di Indonesia,  Memiliki keindahan alam yang tidak diragukan lagi, membuat banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara berdatangan. Salah satu aktivitas yang melekat dalam kegiatan berwisata adalah berbelanja oleh-oleh. Lalu apa saja oleh-oleh khas Lombok yang bisa kita bawa pulang?, Simak ulasan oleh-oleh khas Lombok berikut ini.

  1. Songket dan Tenun Lombok

Kain songket dan tenun Lombok memiliki motif khas, berbeda dengan daerah lain. Sama-sama berasal dari Lombok, kain songket dan kain tenun memiliki perbedaan dari segi bahan dan waktu pengerjaan.

Anda bisa membeli kain songket dan tenun khas Lombok di pusat oleh-oleh khas Lombok, atau jika ingin melihat proses pembuatannya, Anda dapat berkunjung ke Desa Sade atau Desa Sukarara, yang ditinggali oleh Suku Sasak Lombok.

  1. Mutiara

Lombok terkenal sebagai penghasil mutiara. Ada tiga jenis mutiara yang diperjualbelikan sebagai cinderamata, yaitu mutiara air laut (yang paling mahal), mutiara air tawar, dan mutiara imitasi hasil produksi pabrik. Jadi jangan sampai Anda tertipu. Di Lombok banyak toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual mutiara, baik dalam bentuk perhiasan atau masih butiran mutiara biasa.

  1. Gerabah

Desa Banyumelek dikenal sebagai sentra kerajinan gerabah di Pulau Lombok. Di desa ini dapat dijumpai banyak perajin gerabah. Kendi Maling adalah oleh-oleh gerabah paling dicari, kendi ini memiliki keunikan, karena bentuk lehernya yang lebih panjang dan sempit, sehingga sulit memasukkan air dari atas. Itu membuat kita harus memasukkan air kedalam kendi dari bagian bawah, sangat unik kan.

  1. Susu Kuda Liar Lombok

Lombok dikenal dengan produksi susu kuda liarnya. Kuda liar di Sumbawa adalah penghasil dari susu ini. Karena rasanya yang gurih dan tidak enek, membuat susu ini laris di pasaran. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Lombok penasaran untuk merasakan susu ini. Bebas dari bahan kimia sintetis dan mikroba, membuat susu ini berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Untuk bisa membeli susu ini sebagai oleh-oleh, Anda dapat berkunjung di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu. di Kota Mataram juga sudah banyak yang menjual susu ini.

  1. Dodol dan Manisan Rumput Laut

Sentra budidaya rumput laut di Lombok bisa dikatakan cukup besar. Hal ini membuat masyarakat berinovasi untuk membuat olahan berbahan dasar rumput laut. Dodol dan manisan rumput laut salah satunya. Selain harganya yang terjangkau, olahan rumput laut ini sangat menyehatkan karena rendah kalori dan kaya akan serat. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh sehat dari Lombok.

  1. Kopi Prabe Lombok

Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari Dusun Prabe, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Kopi ini memiliki aroma yang sangat kuat, harum, dengan perpaduan rasa pahit dan manis. Proses pembuatannya juga masih secara tradisional, membuatnya begitu khas dan genuine. Tentunya merupakan oleh-oleh yang pas bagi Anda para penikmat kopi nusantara.

  1. Kaos dan Souvenir Khas Lombok

Seperti Bali yang terkenal dengan kaos Jogernya, Lombok juga memiliki branding kaos khas nya sendiri yaitu Sasaku. Sasaku adalah sebuah outlet yang menyediakan oleh-oleh khas dari Lombok. Selain kaos yang di sablon dengan gambar atau kalimat khas Lombok, beragam souvenir menarik juga tersedia, seperti: gantungan kunci, aksesoris, tas, dompet, serta masih banyak kerajinan khas Lombok yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Sangat unik dan beragam bukan pilihan oleh-oleh yang bisa Anda beli saat berlibur di Lombok. Jadi pastikan sebelum Anda pulang dari berlibur sempatkan waktu berburu buah tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *