Asal-Usul Suku Sasak Lombok

Asal-Usul Suku Sasak Lombok

Asal-Usul Suku Sasak Lombok

Asal Usul Pulau Lombok

Pulau Lombok merupakan kampung halaman bagi Suku Sasak. Ini karena penduduk Sasak sudah menghuni pulau ini selama berabad-abad, yaitu sejak 4.000 sebelum Masehi. Secara etimologi, banyak anggapan bahwa nama Sasak berasal dari kata “sak-sak” yang artinya satu atau utama.

Asal usul Pulau Lombok berikut penduduk aslinya yang disebut Suku Sasak terdapat berbagai versi. Ada yang berpendapat, Sasak berasal dari proses kedatangan awal manusia yang menjadi cikal bakal Suku Sasak dengan rakit yang disebut Saksak. Ada juga pendapat berasal dari gambaran keadaan pulau Lombok yang ketika itu yang merupakan hutan belantara terutama bambu yang sangat rapat dan sesak

Versi lain Sasak berasal dari kata “sak sak” yang artinya “satu satu”. Kaum wanita dari etnis Sasak dikenal pandai menenun. Mereka telah diajari keahlian menenun sejak usia dini, yaitu sekitar 9 atau 10 tahun. Perempuan yang pandai menenun akan dikategorikan sebagai wanita dewasa dan sudah siap menikah. Kegiatan menenun ini disebut sebagai Sèsèk.

sejarah asal usul pulau lombok dan asal mula suku sasak lombok

Kata sèsèk ini berasal dari kata “sesak” atau “sesek”. Menenun khas suku Sasak dilakukan dengan cara memasukkan benang satu-persatu yang disebut dengan sak sak. Lalu benang tersebut dirapatkan dengan cara memukul hingga sesak dan padat. Uniknya, proses menenun yang menjadi kebanggan masyarakat asli Lombok inilah yang kemudian dijadikan nama suku atau etnis masyarakat.

Asal Usul Suku Sasak Lombok

Asal usul Suku Sasak Lombok menurut pendapat Dr. Goris. S.  Sasak berasal dari kata “Sah” yang berarti pergi dan “Shaka” yang berarti leluhur. Secara keseluruhan bisa diartikan pergi ke tanah leluhur orang Sasak. Dari arti tersebut, di duga leluhur orang sasak adalah orang Jawa. Terbukti dari tulisan Sasak yang disebut Jejawan, yakni aksara Jawa.

Bagaimana bisa orang Jawa bisa menjadi leluhur orang Sasak?. Mungkin jawabannya, hal ini berhubungan dengan kitab Nagarakertagama oleh Mpu Prapanca yang berisi catatan kekuasaan Majapahit di abad ke-14. Di dalam kitab tersebut, terdapat ungkapan “Lombok Sasak Mirah Adi” yang diartikan sebagai “kejujuran adalah permata yang utama”.

Serta tidak terlepas pada masa Pemerintahan Kerajaan Majapahit, di mana Patih Gajah Mada melakukan ekspedisi dan memperluas kekuasan Majapahit sampai ke Lombok, dengan kemungkinan mengirim anggota keluarga untuk membangun dan memerintah kerajaan di Lombok. Turun temurun melahirkan Suku Sasak hingga saat ini.

One thought on “Asal-Usul Suku Sasak Lombok

  1. Pingback: Legenda dan Sejarah Pulau Lombok - Tour Lombok Gili

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.