Asal-usul Lombok

Asal-usul Lombok

Tahu kah Anda jika Lombok memiliki sebuah legenda yang menceritakan tentang asal-usul kota tersebut? Mungkin Anda pernah berpikir bahwa nama Lombok ada kaitannya dengan cabai, seperti kebanyakan orang yang mengira asal usul Pulau Lombok berkaitan dengan cabai, mulai dari banyak cabai di sana atau karena beberapa kuliner di Pulau Lombok terkenal pedas. Namun legenda asal usul nama Pulau Lombok ternyata sama sekali tidak ada kaitannya dengan cabai yaa…

Diambil dari berbagai referensi, kata Lombok berasal dari “Lombok Mirah Sasak Adi” yang dikutip dari Kitab Negarakertagama, sebuah kitab yang memuat tentang kekuasaan dan pemerintahan Kerajaan Majapahit. Kata “Lombok” berasal dari Bahasa Kawi yang berarti lurus atau jujur, kata “Mirah” berarti permata, kata “Sasak” berarti kenyataan, dan kata “Adi” berarti baik atau utama. Maka bisa disimpulkan arti keseluruhan dari Lombok Mirah Sasak Adi adalah kejujuran adalah kenyataan yang baik atau utama. Makna filosofis ini mungkin yang diidamkan oleh para leluhur tanah Lombok kepada anak cucunya, untuk selalu menjaga dan melestarikan kearifan lokal.

Sedangkan asal-usul penduduk Pulau Lombok juga terdapat beberapa versi, salah satunya menurut Dr. Goris. S. Sasak berasal dari kata “Sah” yang berarti pergi dan “Shaka” yang berarti leluhur. Secara keseluruhan bisa diartikan pergi ke tanah leluhur orang Sasak. Dari arti tersebut, di duga leluhur orang sasak adalah orang Jawa. Terbukti dari tulisan Sasak yang disebut Jejawan, yakni aksara Jawa.

Bagaimana bisa orang Jawa bisa menjadi leluhur orang Sasak? Mungkin jawabannya, hal ini tidak terlepas pada masa Pemerintahan Kerajaan Majapahit, di mana Patih Gajah Mada melakukan ekspedisi dan memperluas kekuasan Majapahit sampai ke Lombok, dengan kemungkinan mengirim anggota keluarga untuk membangun dan memerintah kerajaan di Lombok. Turun temurun melahirkan Suku Sasak hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *